GADIS









Edisi Perdana 1973






















































Edisi 1/2010 sejak saat itu GADIS ukuran kecil diterbitkan seperti terlihat sekarang]














































Hihihi, tampang GADIS edisi perdana ini memang jadul banget, ya! Tapi kalau nggak ada edisi perdana tersebut, nggak akan mungkin ada edisi keren seperti yang ada di tangan kamu sekarang ini. Itulah proses. Sejak tahun1973, sudah begitu banyak hal yang GADIS lewati. Sudah begitu banyak pula kisah senang, sedih, lucu, penuh semangat yang terlalui. Tapi satu hal yang nggak berubah dari GADIS: dari dulu sampai sekarang GADIS tetap selalu berusaha jadi sobat terbaik buat kamu semua, remaja cewek Indonesia.



Inilah kalimat legendaris yang selalu diucapkan Ibu Pia Alisjahbana, tentang Majalah GADIS. Setelah menerbitkan majalah untuk wanita dewasa, Femina, bersama Ibu Mirta Kartohadiprodjo, Ibu Widarti Gunawan, dan Ibu Atika Makarim, pada September 1972, Ibu Pia pun meluncurkan majalah untuk remaja cewek, GADIS, pada November 1973. Di rumahnya yang terletak di Jalan. Sukabumi No. 36, Jakarta Pusat, Ibu Pia menggarap GADIS bersama sahabat-sahabatnya dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Menurut Ibu Pia, “Anak-anak perempuan yang masih muda, butuh majalah dengan isi bacaan yang bisa meningkatkan wawasan, menghibur, sekaligus trendy.” Konon, sebelum sepakat memilih nama GADIS, sempat tercetus beberapa nama yang sangat Indonesia, seperti Nina, Uni, atau Pingkan. Tapi akhirnya dipilih GADIS, karena dianggap lebih netral.




Ini tanggal yang sakral banget nih, karena merupakan tanggal “lahir” GADIS. Kalau dilihat dari isinya, edisi perdana GADIS nggak jauh beda dengan edisi sekarang. Tetap berisi artikel tentang mode, seleb idola, cinta, cerpen, dll. Jangan lupa ingat tanggalnya dan kirim kado buat GADIS ya, hehehe....


Banyak banget hal menarik yang terjadi dalam hidup kita setiap hari. Apalagi di dunia remaja seperti kita yang selalu dinamis dan penuh semangat. Majalah GADIS pun, berusaha selalu membagi semua info penting dan menarik buat kamu semua lewat berbagai rubrik andalan seperti:
- Hot Issue. Rubrik "investigasi" ala GADIS, membahas isu yang lagi “hot” dan berbagai trend terbaru. Tujuanya untuk memberikan informasi yang lebih komplet. Berhubung membahas sebuah isu from A-Z, jumlah halaman untuk rubrik ini lebih banyak dari artikel lainnya, sekitar 5-10 halaman.
- TJ alias Tanya Jawab. Semua pertanyaan tentang mode dan kecantikan, ada di rubrik TJ Modis dan TJ Cantik. Selain tanya jawab, ada rubrik lain yang mengupas berbagi info menarik seputar dunia fashion, yaitu Mode, Keren, Info Mode, Gaya Gaul, Koleksi, dll.
- Cinta. Wah kalau topik yang satu ini sih memang nggak pernah ada matinya. Tapi nggak cuma membahas cinta sama pacar atau gebetan, termasuk juga cinta buat keluarga, sobat, binatang peliharaan, lingkungan, dll.
- Gosip dan Musik. Update terbaru seputar dunia musik, gosip-gosip paling anyar di dunia selebriti, semua ada di rubrik Mizz Gossip, Seleb, Musik, Film, dll

Tentang Gadis


Selain artikel yang seru dan komplet, GADIS juga sering bagi-bagi hadiah buat sobat-sobat GADIS, lho.
- Kado GADIS. Mulai dari iPod, hadphone, PSP, tas, baju, wah… banyak banget deh hadiah dari GADIS buat kamu lewat berbagai kuis.
- Gimmick. Beli GADIS dapat hadiah, waaa… siapa yang nolak? Hadiahnya mulai dari pin, kaos, notes, tempat pensil, sampai tas. Gimmick dari GADIS didesain secara khusus, dan biasanya menampilkan karakter atau ikon GADIS, Miss Gaul. Kadang, gimmick juga berupa buklet, seperti Zodiak Tahunan atau produk dari sponsor, seperti body lotion.
- Edisi Tahunan Sejak tahun 1980-an, tim GADIS bikin satu edisi khusus yang collectible dan spesial banget karena dari segi isi, desain lay out, serta waktu penggarapannya berbeda dengan edisi regular. Tema tiap tahun pasti berbeda dan unik, seperti do it yourself (DIY), 365 misi seru dan keren, tema lingkungan, dan edisi berisi kumpulan tips cantik.
- Agenda Sekolah. Agenda ini buat mencatat segala kegiatan yang kamu jalani dan kondisi yang kamu alami. Supaya kamu pun bisa mulai melatih manajemen waktu, sekaligus membiasakan diri mencatat momen bersejarah dalam hidup kamu.



Semua kerja keras dan konsistensi selama bertahun-tahun, memang selalu GADIS lakukan buat kamu semua, sobat setia GADIS. Sekaligus sebagai salah satu bukti eksistensi GADIS, nih. Ada beberapa penghargaan dan momen spesial yang berarti buat GADIS, di antaranya:
- Rekor MURI
Tahun 2004 lalu, GADIS kerja bareng tim mading dari puluhan sekolah di Jabodetabek, berhasil mencetak Rekor MURI dengan Mading Terpanjang (30 meter). Rekor MURI lainnya berhasi diraih bertepatan dengan ultah GADIS ke-35, tim GADIS dan 450 pembaca setia GADIS berhasil memecahkan rekor poster Anti Rokok terbanyak!
- Gold Medal IFRA Design Award
GADIS berhasil meraih penghargaan berupa medali emas IFRA Design Awards. IFRA merupakan sebuah organisasi yang melakukan penelitian terhadap media massa di seluruh dunia. Penghargaan yang diraih GADIS tersebut meliputi kualitas percetakan, desain produk, fotografi, dan artikel, diberikan dalam Annual Asia Media Awards Gala Dinner ke-tujuh, sebuah acara dalam rangkaian konferensi dan expo IFRA's Publish Asia 2008 di Macau, China.

Tentang Gadis

- Sunday Club Acara off-magz (indoor dan outdoor) yang sejak tahun ’90-an, digelar sebulan sekali pada hari Minggu ini memang jadi acara penting yang ditunggu-tunggu. Mulai dari Valentine’s Day Party sampai nonton film bareng dan acara ketemu seleb, sudah pasti seru! Tema dan dress code-nya pun selalu beda. Selain digelar di Jakarta, acara ini juga digelar di beberapa kota besar lain seperti Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan
- GADIS Sampul. Krisdayanti, Desy Ratnasari, Happy Salma, Dian Sastrowardoyo, Dewi Rezer, Cut Tari, Ersa Mayori, Sigi Wimala, Intan Nuraini, Nabila Syakieb, Acha Septriasa, adalah sebagian dari alumni GADIS Sampul. Selain eksis di bidang hiburan, sebagian alumni ajang kompetisi pencarian bakat di bidang modeling yang sudah digelar sejak tahun 1987 ini, juga sudah berhasil di bidang lain, misalnya penulisan buku/naskah film dan properti. Lagu GADIS Sampul yang diciptakan Yovie Widianto dan dinyanyikan oleh Krisdayanti tahun ’90-an-pun, akan mengiringi penutupan acara malam final sekaligus menentukan GADIS Sampul tahun tersebut.



Pengin gabung jadi sobat setia GADIS atau tetap update tentang berbagai info penting? Kalau gitu, gabung jadi sobat setia GADIS, yuk!












Media of Indonesia
Media of Indonesia

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar