SAHABAT PENA




 Majalah SAHABAT PENA adalah majalah remaja. Telah terbit sejak tahun 1970 silam. Riwayatnya hampir sama dengan TVRI, dulu sempat sangat populer dibaca remaja-remaja Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu seperti TVRI (bahkan nasibnya tidak lebih baik dari TVRI), dengan semakin banyaknya majalah pesaing yang membidik pasar kaum remaja namanya bahkan hampir tidak terdengar lagi kini.



Dahulu majalah SAHABAT PENA yang diterbitkan oleh PT. Pos Indonesia di Bandung, Jawa Barat ini terbit sebagai majalah bulanan. Sampai kini SAHABAT PENA masih tetap terbit walau jangkauan sirkulasinya terbatas (beredar di seputar provinsi Jawa Barat dan pelanggan terdaftar di daerah-daerah yang berlangganan via pos). Majalah SAHABAT PENA kini tidak mampu bersaing dengan popularitas majalah remaja lain sebut saja ANEKA YESS!, GADIS, HAI atau GOGIRL!.
Tidak setebal ke-empat majalah remaja dari Jakarta itu, namun boleh diacungi jempol.. Majalah SAHABAT PENA baik dulu dan sekarang tetap terlihat santun dalam berbahasa. SALUT!

Majalah Sahabat Pena
Majalah Sahabat Pena adalah majalah yang diterbitkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) sejak tahun 1970 dengan target pembaca remaja di seluruh Indonesia.

Tujuan diterbitkannya majalah Sahabat Pena adalah turut serta mengembangkan generasi muda terkait dengan kegiatan filateli, ilmu pengetahuan, dan sarana bagi remaja Indonesia yang tertarik untuk bersahabat pena. 
Majalah Sahabat Pena yang ada di blog ini adalah edisi lama, untuk mendapatkan edisi terbaru silahkan hubungi Kantorpos terdekat

Spesifikasi :
  • Jumlah Halaman          : 36 Halaman (termasuk cover)
  •  Periodik terbit              : Dwi bulanan
  •  Harga Jual                   : Rp 5.000,-
  •  Tempat penjualan        : Kantorpos dan PostShop

Redaksi Sahabat Pena:
Graha Pos Indonesia Lt. 7 Blok A
Jl. Banda no. 30 Bandung 40115

ISSN 0216-3373
STT : No.025/SK/DitjenPPG/STT/176
SIT : No.44-6/KAMDA/JB/’74
Creative Writing
Pelatihan Creative writing bagi pelajar tingkat SLTP dan SLTA merupakan salah satu program kerja Divisi Komunikasi Korporat yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi PT Pos Indonesia (Persero) dalam bidang pendidikan sekaligus untuk mendekatkan profil Perusahaan di lingkungan pendidikan serta mengoptimalkan peran Majalah Sahabat Pena sebagai media pembelajaran generasi muda melalui budaya membaca dan menulis secara sistematik.

Program dilaksanakan dalam bentuk workshop, dimana peserta pelatihan dilatih secara langsung oleh para instruktur. Metode yang digunakan oleh para instruktur selain ceramah, juga diskusi, simulasi, dan praktek penulisan.


Materi pelatihan Creative writing terdiri dari :
1.        Pengenalan PT Pos Indonesia (Persero)
2.        Pengenalan Majalah Sahabat Pena
3.        Kunjungan ke Kantorpos setempat
4.        Pengantar Menulis Kreatif
5.        Menulis Artikel
6.        Menulis Cerpen
7.        Pengetahuan Filateli
8.        Menulis Puisi
9.        Menulis Script Film

















Media of Indonesia
Media of Indonesia

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

3 komentar:

  1. Era tahun 1985-1987 aku adalah pelanggan majalah Sahabat Pena. Pernah punya sahabat di seluruh penjuru negeri, Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jabar, Jatim, Timor, Makasar, Gorontalo, Ambon sampai Jayapura. Ah.... indahnya masa-masa itu....

    BalasHapus
  2. Tahun 1985 an saya menulis cerencana di sahabat pena, judulnya adalah : Memburu Bayang Bayang Pudar. Bisa dilacak arsipnya tidak yahh. aya butuh copy nya.. atau masalahnya sekalian yg ada cerpenku

    BalasHapus
  3. Maaf salah pencet. Yang benar menulis Cerpen

    BalasHapus